Berita Acara Seminar Nasional HM Psikologi FK Unud 2020, “Self-love: Be Your Own First Love”

Pada tanggal 12 September 2020 telah berlangsung acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Acara yang awalnya direncanakan bulan Juli ini, terpaksa mundur hingga bulan September mengingat sampai saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Sehingga acara yang awalnya telah dipersiapkan secara offline harus dirancang kembali karena diadakan secara online. Yang pada akhirnyaacara ini diselenggarakan melalui aplikasi cisco webex yang dimulai dari pukul 08.30 – 15.35. Adapun acara seminar ini terbuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun ini mengangkat tema “Self-love: Be Your Own First Love”. Tema ini diangkat karena dilatarbelakangi banyak remaja yang kurang mencintai dirinya sendiri. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki keinginan memberikan pemahaman tentang self-love tersebut. Sehingga nantinya diharapkan setiap individu khususnya remaja mampu mengenal dirinya secara intim, mulai jatuh cinta terhadap dirinya sendiri, dan menghargai setiap kekuatan yang ada pada dirinya sendiri agar tercipta kehidupan yang lebih baik.

Adapun acara ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, doa, pemutaran lagu Indonesia Raya, pemutaran lagu Hymne Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, pemutaran Hymne Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, laporan ketua panitia, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, sambutan Wakil Ketua BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, sambutan Koorprodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang III, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes. Setelah rangkaian tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara pertama yaitu I Gusti Ayu Diah Fridari, S.Psi., M.Psi., Ph.D. yang merupakan dosen Program Studi Sarjana Psikologi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Adapun poin penting yang disampaikan oleh I Gusti Ayu Diah Fridari, S.Psi., M.Psi., Ph.D. adalah self-love itu tidak cukup hanya merasa diri baik-baik saja, tetapi lebih kepada suatu proses mencintai dan menghargai diri seutuhnya yang bersifat dinamis serta keselarasan antara fisik, pikiran, emosi dan spiritual pada jiwa yang bertumbuh. Beliau juga memaparkan aspek-aspek dari self-love yang terdiri dari self-awareness, self-acceptance, self-worth atau self-value, self-esteem, dan self-care. Diakhir pemaparannya beliau menyampaikan pula bahwa mencintai diri sendiri berarti berani untuk mengenal, menerima, dan melakukan self-work untuk meningkatkan kualitas diri seutuhnya.

Setelah pemaparan materi pertama selesai, kemudian dilanjutkan dengan sharing IKAPSI dan ice breaking sebelum menuju ke pemateri kedua. Menuju pemateri kedua para peserta tampak masih antusias mengikuti acara seminar ini, yang terlihat dari masih banyaknya peserta seminar yang masih stand by di dalam room webex dan terlihat dari keaktifan peserta seminar untuk bertanya serta menanggapi pertanyaan dari pembicara. Hingga kemudian akhirnya tiba untuk masuk pada agenda pemaparan materi oleh guest star di seminar tahun ini yaitu Kyra Nayda. Sudah taka sing lagi bila mendengar nama Kyra Nayda bagi kebanyakan orang terutama pengguna youtube, karena ia merupakan seorang youtuber dan beauty influencer.

Dalam pemaparan materinya, menurut Kyra Nayda, self-love itu sangatlah penting karena menurutnya seseorang tidak akan bisa memiliki hubungan yang sehat jika ia tidak memiliki hubungan yang sehat dengan dirinya sendiri, ia juga tidak bisa memiliki rasa belas kasih terhadap orang lain jika ia belum bisa mengasihi dirinya sendiri, ia juga tidak akan bisa menjaga orang lain jika ia belum bisa menjaga dirinya sendiri terlebih dahulu. Maka dari itu, Kyra Nayda menyampaikan untuk berhenti selalu merasa rendah dibandingkan orang lain, karena apa yang kita lihat dari orang lain tersebut hanya sisi baiknya saja tanpa pernah merasakan ada di posisi mereka yang sebenarnya. Pada akhirnya setiap orang punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang patut disyukuri bahkan hal kecil sekalipun. Hal kecil tersebut apabila bisa disyukuri dan ditekuni akan berpeluang membuat seseorang menjadi sukses. Begitulah kurang lebih pemaparan materi yang dibawakan oleh seorang Kyra Nayda yang banyak memotivasi dan menginspirasi orang-orang dalam seminar tersebut.

Kemudian pada akhir acara diadakan pemberian piagam untuk pembicara dan moderator, setelah itu dilanjutkan dengan pengundian doorprize, penyampaian kesan dan pesan dari peserta seminar, dan pengumuman penanya terbaik. Ratih Cahya ketika diwawancarai sesudah acara seminar ini berlangsung terkait bagaimana kesannya setelah berhasil mengetuai acara seminar nasional ini yang telah berjalan dengan lancar mengatakan bahwa ia sangat bangga bisa ada di posisi sebagai ketua dalam acara tersebut. Ia juga mengatakan mendapatkan banyak pembelajaran dalam kepanitiaan ini seperti tentang kepimimpinan, mengenal berbagai karakter manusia dan menghadapi segala masalah dengan team work yang handal.

Ratih berpesan semoga acara Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kedepannya bisa lebih baik, dapat mengusung tema yang lebih menarik, dan bisa membentuk rasa kekeluargaan serta solidaritas antar panitia. Sedangkan harapannya bagi peserta yang sudah mengikuti Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana 2020 agar semakin sadar bahwa mencintai diri sendiri adalah hal yang sangat penting. Semoga setelah menyaksikan seminar ini para peserta lebih berusaha untuk mengenal dirinya sendiri, mencintai dirinya sendiri, dan menjadi dirinya sendiri.

Penulis: Luh Komang Tresia Putri Wulandari

Narasumber: Ni Putu Ratih Cahya Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *