BERITA ACARA MUSYAWARAH ANGGOTA KIH 2020 DAN SEGENGGAM ASA KEPENGURUSAN KIH

Badan Semi Otonom Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah melaksanakan musyawarah anggota (Musang) pada tanggal 27-28 Juni 2020. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi, Musang kali ini dilaksanakan secara online melalui Cisco Webex Meeting. Adapun tema yang diangkat pada Musang tahun ini adalah “To the Unity We Seek, with Integrity We Lead”. Musyawarah anggota ini diikuti oleh seluruh anggota muda, anggota inti, dan pengurus internal KIH FK Unud.

Pada hari pertama Musang KIH FK Unud, 27 Juni 2020, telah dilaksanakan acara  yaitu pembukaan Musang KIH 2020, orasi, dan debat panelis oleh kandidat calon ketua KIH untuk kepengurusan 2020/2021. Acara dimulai sejak pukul 10:30-15:30 WITA. Orasi dan debat panelis dilakukan oleh empat kandidat calon Ketua KIH. Acara ini bertujuan untuk meyakinkan kesiapan para calon ketua untuk memimpin KIH selama satu tahun mendatang.

Hari kedua Musang KIH FK Unud, 28 Juni 2020,dilaksanakan sejak pukul 08:00-16:00 WITA . Acara diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FK Unud, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M. Kes. Agenda selanjutnya adalah sidang AD/ART KIH FK Unud, presentasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepengurusan KIH periode 2019/2020, pemilihan, dan pelantikan ketua KIH periode 2020/2021.  Pemilihan ketua KIH dilaksanakan melalui voting bersama di media Cisco Webex Meeting. Adapun pemenang voting yang selanjutnya menjadi Ketua KIH periode 2020/2021 adalah Sandra. Pelantikan dilaksanakan berupa penyerahan jabatan secara online oleh Ketua KIH periode sebelumnya, Ni Made Wini Jayesthiwi Wanami Putri kepada Ketua KIH periode selanjutnya, Sandra. Agenda berikutnya adalah pengumuman kelulusan anggota inti KIH. Agenda terakhir Musang hari kedua adalah penutupan dengan memutar video dan foto bersama secara online.

Ketua KIH periode 2019/2020, Ni Made Wini Jayesthiwi Wanami Putri memiliki pengalaman dan pandangan tersendiri selama menjabat sebagai Ketua KIH.  Selama menjabat, Thiwi, sapaan akrabnya, merasa bahagia menjadi pemimpin dan banyak belajar tentang kehidupan , terutama keorganisasian. Perkembangan KIH selama kepengurusannya terlihat dalam bidang keilmiahan yang mengalami kemajuan pesat dengan berhasil meraih banyak prestasi dalam bidang ini. Fokus kepengurusan tahun 2019/2020 adalah bidang keilmiahan dan telah mencapai perkembangan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya perubahan dan pembenahan internal organisasi KIH dalam bekerja di bidang keilmiahan. Adapun target kinerja masa kepengurusan beliau telah tercapai seluruhnya sesuai visi, misi, dan program kerja KIH pada tahun kepengurusannya. Namun, tentu saja dampak pandemi Covid-19 memengaruhi maksimalitas kinerja kepengurusan, namun tetap berhasil dilewati dengan baik. Masa kepengurusan Thiwi telah melewati berbagai hambatan. Menurut beliau, pandemi Covid-19 merupakan hambatan terbesar, namun berhasil dilalui dengan pencarian solusi yang efektif dan tepat sasaran. Rekomendasi yang ingin disampaikan kepada pengurus selanjutnya adalah meningkatkan kreasi dalam menghadapi kondisi yang dinamis, terutama selama pandemi Covid-19 agar seluruh program kerja berjalan dengan baik. Adapun pesan khusus yang ingin disampaikan Thiwi selaku Ketua KIH periode 2019/2020 adalah tetap menjaga KIH sebagai sebuah organisasi dan selalu semangat dalam menjalankan setiap kegiatan dengan ikhlas dan sepenuh hati. Quotes yang ingin disampaikan Thiwi kepada seluruh civitas akademika FK Unud adalah “Cogito Ergo Sum” sebagai jargon KIH FK Unud yang bermakna aku berpikir karena itu aku ada. Secara mendalam, pesan tersebut bermakna hakikat manusia yang selalu berpikir untuk menemukan hal baru selama menjalani hidup, sehingga tercipta hal-hal besar sebagai hasil dari berpikir.

Mahasiswi yang berhasil terpilih menjadi Ketua KIH periode 2020/2021 adalah Sandra dari PSSKPD angkatan 2018. Perasaan beliau ketika berhasil terpilih adalah terharu karena diberikan kepercayaan untuk mengemban tugas dalam memajukan KIH FK Unud dan terpacu karena dihadapkan realita untuk memimpin selama satu tahun. Ia juga memiliki srategi baru dalam masa kepengurusannya. Startegi baru ini bertujuan untuk mengatasi situasi yang dinamis dengan menyejahterakan anggota sebagai salah satu visi selama kepengurusannya. Upaya nyata yang akan Sandra lakukan dalam mewujudkan strategi tersebut adalah dengan melakukan standarisasi penggalangan dana, sistem perhitungan anggaran sebaik mungkin, dan sistem proposal yang apik untuk memenuhi kebutuhan perlombaan yang dapat diikuti angota KIH. Selain itu, hubungan dengan pihak eksternal juga turut diperhatikan demi menjaga hubungan yang baik antarorganisasi. Wujud KIH yang ingin dibentuk oleh Sandra adalah KIH yang kuat dan kokoh dengan capaian yang menjulang tinggi dalam prestasi disertai semangat kuat untuk mengabdi. KIH di mata beliau, tidak hanya organisasi keilmiahan, namun juga mengutamakan kemanusiaan dalam wujud aktivitasnya. Terdapat pesan yang ingin Sandra sampaikan, yaitu “Science knows no country, because knowledge belongs to humanity, and is the torch which illuminates the world” – Louis Pasteur.

penulis : I Gede Suka Merta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *