BERITA ACARA MAGANG HMKU 2020

Senin, 23 November 2020 telah dilaksanakan pembukaan Magang Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HMKU) 2020 secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 23 November dan berakhir pada 12 Desember 2020 yang dihadiri oleh 60 peserta yang merupakan mahasiswa aktif PSSKPD yang terdiri dari angkatan 2019 dan 2020. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan yaitu Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes.Kegiatan Magang HMKU kali ini mengusung tema “Navigatio : Look Around and Together We Sail to Our Goal” yaitu kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai HMKU sebelum melakukan pemilihan calon pengurus baru di periode selanjutnya.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa agenda yang terbagi dalam beberapa hari. Hari pertama yaitu 23 Desember 2020 kegiatan ini diisi oleh 1 orang pembicara yaitu Kadek Aprilia Sukma Dewi selaku ketua HMKU periode saat ini yang memberikan materi mengenai pelaksanaan dan manajemen masalah pada program kerja. Materi ini diharapkan memberikan pandangan awal mengenai kepanitiaan di FK Unud khususnya HMKU. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan bidang pertama yang bertujuan untuk memberikan penjelasan lebih rinci mengenai program kerja atau fungsi bidang tersebut. Kegiatan di hari pertama diakhiri dengan pemberian penugasan bidang. Esensi dari pemberian tugas ini untuk memastikan peserta memahami kegiatan dalam kepengurusan HMKU dan memberikan pengalaman dalam menjalankan program kerja. Pada hari berikutnya yaitu 24 November 2020 dilaksanakan Small Group Disscussion (SGD) mengenai materi yang telah diberikan pada hari sebelumnya. Para peserta dapat menanyakan pertanyaan atau hal-hal yang ingin digali lebih dalam tentang kepengurusan di HMKU. Selanjutnya, peserta juga mendapat kesempatan untuk membahas proker angkatan yang diajukan oleh bidangnya nanti. Kegiatan SGD ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dengan leluasa kepada peserta untuk bertanya, berpendapat dan meningkatkan bonding antara peserta dan panitia.

Agenda selanjutnya dilaksanakan pada 29 November 2020 berupa pemberian materi dari Wilson Wijaya mengenai Hubungan Eksternal HMKU FK UNUD. Materi ini bertujuan agar kedepannya peserta siap dalam menjalankan kerjasama dengan pihak eksternal organisasi saat menjalankan kegiatan. Dalam materi ini diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa sebagai pengurus nantinya peserta mendapat kesempatan membangun relasi dengan pihak luar organisasi. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan bidang kedua yang bertujuan untuk memberikan penjelasan lebih rinci mengenai program kerja ataufungsi bidang tersebut. Kegiatan pada hari kedua diakhiri dengan pemberian kesan pesan peserta dalam mengikuti.

Pada hari ketiga yaitu 12 Desember 2020, peserta akan melakukan presentasi mengenai penugasan yang diberikan dihadapan panitia Magang yang merupakan pengurus HMKU. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai penilaian peserta terhadap pelaksanaan program kerja atau fungsi bidang dan pendapat peserta mengnai pelaksanaan untuk kedepannya. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) program kerja angkatan. Agenda terakhir ini ditutup dengan kesan pesan mengikuti seluruh rangkaian magang dan untuk penutupan Magang HMKU 2020.

Keunikan kegiatan ini dibandingkan dengan kegiatan pada tahun sebelumnya terletak pada kegiatan yang dilaksanakan secara online. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara online tidak menutup kemungkinan apabila kegiatan terlaksana dengan baik. Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat perlu dipertahankan hingga hari penutupan tiba. Diakhir wawancara, ketua panitia Magang HMKU 2020, Dewa Adi turut berpesan agar peserta dapat selalu fokus dan semangat dalam menjalani kegiatan sehingga esensi dari kegiatan dapat tercapai dengan baik. Diharapkan juga pengetahuan dan skill yang didapat peserta Magang HMKU 2020 ini dapat berguna nanti dalam kehidupan perkuliahan dan kemahasiswaan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *