BERITA ACARA BLMML

Basic Lesson on Mastering Management and Leadership (BLMML) merupakan salah satu program kerja tahunan BEM FK Unud yang berada di bawah naungan Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Acara ini bertujuan untuk melatih skill kepemimpinan dan manajemen dari mahasiswa baru yang sedang dalam transisi dari siswa menjadi mahasiswa.

BLMML tahun ini mengusung tema “Leader of Voice, Alma Mater of Choice” yang mengandung makna bahwa pemimpin sesungguhnya adalah pemimpin yang berani berpikir kritis, bertindak, dan bersuara. Dimulai dengan berpikir kritis, pemimpin diharapkan bisa mengimplementasikan pemikiran kritisnya, contoh sederhananya adalah dengan menyuarakan pendapatnya. Tema ini juga menekankan pada pentingnya penanaman nilai cinta almamater, agar nantinya mampu berpartisipasi dalam membanggakan almamaternya.

Jumlah peserta BLMML tahun ini yaitu sekitar 661 mahasiswa yang berasal dari 6 program studi di FK. Mereka dibagi menjadi 45 kelompok dalam 6 ruangan. Pandemi yang masih belum berakhir dan menyebabkan keseluruhan acara dilaksanakan secara daring tidak menyurutkan semangat panitia untuk menarik antusiasme peserta BLMML, konsep acara dibuat semenarik mungkin dengan harapan acara tidak terasa monoton. Contoh dari inovasi yang ada di BLMML 2020 ini yaitu adanya twibbon bergerak, perubahan logo BLMML yang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, susunan panitia yang masing-masing memiliki julukan dan logo tersendiri, serta penggunaan unsur budaya Indonesia dalam penamaan lainnya.

Rangkaian BLMML akan dilangsungkan selama 6 hari. Adapun rincian acaranya yaitu: pembukaan dan pemberian materi tentang cinta almamater pada hari pertama (10 Oktober 2020), dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai manajemen dan kepemimpinan pada hari kedua (11 Oktober 2020), pada hari ketiga (18 Oktober 2020) peserta akan mempresentasikan “Fiction” dari proposal yang sudah dibuat, kemudian pada hari keempat (24 Oktober 2020) ada simulasi aksi dan fiksi dari apa yang telah dipresentasikan, hari kelima (25 Oktober 2020) akan ada talkshow yang menghadirkan beberapa alumni FK serta pembicara lainnya, dan hari keenam (31 Oktober 2020) sebagai penghujung acara akan dilaksanakan outbond berisi games-games yang di dalamnya ditanamkan kembali mengenai pentingnya kesejawatan dan solidaritas angkatan yang dikemas secara menarik dan seru. Malam harinya akan ada BLMML night sebagai penutup.

Eduardo Kenjiro selaku ketua panitia menurutkan bahwa merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi angkatan 2019 untuk menjadi bagian yang berpartisipasi dalam menemani mahasiswa baru angkatan 2020 berproses di FK Unud.

Harapan untuk mahasiswa baru dengan diadakannya BLMML ini adalah agar mereka dapat menerapkan 10 nilai yang telah ditanamkan dalam BLMML diantaranya: berpikir kritis, berani berpendapat dan berkontribusi, disiplin, kesejawatan dan solidaritas, kerjasama dan kolaborasi, senyum salam sapa, sopan santun, cinta dan bangga terhadap prodi, FK, dan Universitas Udayana. Dengan menerapkan nilai-nilai tersebut mereka bisa survive dalam menjalani perkuliahan di FK dan juga berpartisipasi di kepanitiaan dan organisasi, sehingga mampu menjadi Laskar Hippocrates yang sesungguhnya, yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga non-akademik dan siap untuk selalu membanggakan FK sebagai generasi pelurus FK.

Penulis: Fitria Rahmawati

Narasumber: Eduardo Kenjiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *