Home » Artikel » Berani Untuk Menjadi Mahasiswa Baru

Berani Untuk Menjadi Mahasiswa Baru

DENPASAR, INJEKSIONLINE.com – Menjelang tahun ajaran baru 2011/2012, bagi anda tamatan bangku SMA pastinya sudah tidak sabar mencicipi bagaimana rasanya berada diposisi seorang mahasiswa. Bertemu dengan teman baru, persaingan baru, kegiatan baru, pelajaran yang baru, dan hal-hal berbeda lainnya. Membayangkan dunia perkuliahan yang asing ini pastinya juga membuat hati anda semakin bergetar dan tegang. Bahkan jantung bedetak tak karuan dan ketakutan-ketakutan yang tak jelas bermunculan. Sempat pula terlintas dalam benak bahwa kita perlu mempersiapkan peralatan, pakaian, sepatu, dan penampilan yang baru pula. Apakah itu semua akan cukup? Ternyata tidak. Kita belum menata hati dan pikiran, menentukan prinsip dan rencana selama di masa kuliah, ataupun prestasi apa yang ingin diraih. Akankah kita mengalami kegagalan selama kuliah? Untuk menghadapi semuanya maka temukan jawabannya disini.

1. Siapkan Mental

Mental itu sangat perlu, karena dengan menjadi mahasiswa kita memasuki dunia yang baru, lingkungan baru, orang-orang baru, dan banyak lagi. Apalagi kalau kita adalah mahasiswa perantauan yang berasal dari luar kota atau bahkan luar provinsi, jangan sampai kita menangis dan merengek-rengek untuk pulang ke rumah setelah beberapa minggu tinggal di daerah yang jauh ya. Disamping itu, akan ada banyak permasalahan baru yang akan muncul saat kuliah. Jadi jangan cepat berputus asa. Berpikirlah positif bahwa permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bekal untuk masa yang akan datang dan untuk mengasah keterampilan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

2. Cari Teman Sebanyak Mungkin

Orang dengan tipe ekstrovert dan terbuka biasanya bisa cepat mengumpulkan teman karena dasarnya mereka lebih membuka diri pada lingkungan. Berbeda dengan orang tertutup atau pemalu yang cenderung menyendiri dan pasif. Jadi ubahlah diri kita untuk bisa lebih bersosialisasi dengan orang sekitar. Dengan punya banyak teman, resiko stress atau tertekan bisa dihindari karena kita punya teman untuk berbagi. Selain itu, teman juga bisa memberikan informasi yang baru bagi kita.

3. Hati-hati Dalam Bergaul

Pergaulan itu sangat penting. Pengaruh teman dan lingkungan yang baru itu bisa besar dampaknya buat kita. Jika kita tidak bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak bisa-bisa salah pergaulan. Jadi tidak semua ajakan teman itu baik, dan tidak semua ajakan teman itu buruk. Kita harus punya prinsip untuk memilah mana yang baik dan mana yang jelek. Jangan lupa pula dengan nasehat orang tua.

4. Pembelajaran di bangku kuliah tidak sama dengan SMA

Kuliah itu menuntut kemandirian dengan porsi yang lebih besar. Kita tidak bisa terus-terusan bergantung pada dosen untuk bisa menguasai mata kuliah tertentu. Ilmu itu harus dicari, bukan menunggu untuk disuapi. Kadangkala kita lebih banyak mendapatkan ilmu melalui diskusi-diskusi, penelitian, seminar-seminar, dan pengalaman-pengalaman di luar jam kuliah. Meskipun demikian, jangan remehkan tugas-tugas atau materi dari dosen. Pikirkan pula cara belajar yang ideal untuk menghadapi masa-asa kuliah. Jangan sampai menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Karena ujung-ujungnya kita akan tertekan dan stress karena materi yang menumpuk, kesehatan menurun karena bergadang, pengetahuan yang didapat pun menjadi tidak maksimal. Cobalah dengan meringkas, membaca sedikit-demi sedikit, mencatat istilah baru, dan cara-cara lainnya.

5. Bergabunglah di organisasi atau komunitas

Organisasi atau komunitas akan menambah soft skill. Soft skill sangat penting seperti keahlian berbicara, bersosialisasi, kepemimpinan, dan banyak lagi hal yang tidak didapatkan di dalam perkuliahan. Soft skill bisa berpengaruh lebih dari 70% di dunia kerja dibandingkan dengan skill akademik. Jadi tidak ada salahnya berorganisasi, tetapi harus saling berimbang dengan kuliah. Sehingga pandai-pandailah dalam membagi waktu yang ada, sehingga kita cakap dalam berorganisasi dan juga mendapat nilai yang memuaskan dalam kuliah. Siapa yang tidak mau mendapat IP yang tinggi dengan soft skill yang bagus?

6. Nikmati masa kuliah

Kalau masa SMA adalah masa paling indah, lalu masa kuliah masa yang seperti apa? Jika jurusan yang diambil itu sudah sesuai dengan keinginan, bakat, dan minat maka menikmati masa kuliah bukan merupakan halangan karena ikhlas dari hati. Tapi lain cerita jika salah jurusan, ikut-ikutan, atau hasil paksaan pihak tertentu. Kuliah akan menyebabkan stres, sehingga kuliah berpotensi molor dan hanya buang-buang waktu dan biaya. Biar gak stress, salurkan hobi melalui komunitas dan perbanyak teman untuk saling berbagi beban.

7. Biasakan olahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan dan meningkatkan stamina. Biasanya kalau jarang berolahraga maka akan mudah mengantuk dan kelelahan. Walau terkadang bikin males dan merasa gak ada waktu, olahraga yang rutin penting banget untuk meningkatkan stamina. Biasanya nih, indikasi kalau sudah lama gak olahraga itu jadi cepet ngantuk dan badan cepet capek. Supaya gak males, coba janjian olahraga bareng temen-temen atau gabung di unit olahraga sekalian ya.

Setelah mempersiapkan semuanya maka melangkah ke dunia perkuliahan akan serasa lebih mantap dan berani bukan? Memutuskan menjadi seorang mahasiswa baru tentu sudah yakin dengan tantangan yang akan dihadapi akan mapu terlewati. Jadi mari bersemangat! (eva) edited by @yudofandhie

Dikutip dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar