Home » FK Unud » Bakti Sosial Kesehatan, Penghijauan dan Kebersihan Pantai BKFK 52

Bakti Sosial Kesehatan, Penghijauan dan Kebersihan Pantai BKFK 52

Klungkung, injeksionline.com Bakti Sosial (baksos) BKFK 52 ini meliputi acara pelayanan kesehatan, penghijauan dan kebersihan pantai. Bakti sosial ini bekerja sama dengan Ikatan Alumni Udayana (IKAYANA), Dinas Kesehatan Prov. Bali, Dinas Kesehatan Kab. Klungkung, Dinas Kehutanan Prov. Bali, Desa Adat Pesinggahan, Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan beberapa rumah sakit swasta, RS Puri Raharja, BIMC Hospital, BROS Hospital. Acara ini diketuai oleh Jan Christian dan Ni Kadek Novi Antari.

Acara ini dimulai dengan doa, kemudian laporan oleh ketua panitia BKFK 52, Bagus Dwiki Arya Dharma, yang mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu dari rangkaian acara BKFK 52 dalam bagian pengabdian masyarakat (pengmas). Tema dari acara ini adalah melalui bakti sosial kesehatan, penghijauan dan kebersihan pantai kita tingkatkan kualitas hidup.  Sambutan selanjutnya oleh perwakilan ketua BEM, yang mengatakan fakultas kedokteran telah berusia 52 tahun, dan juga kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan untuk waktu kedepannya bukan hanya pada kesempatan hari ini saja.

Sambutan dari Ketua BKFK 52, Dwiki

Sambutan dari Ketua BKFK 52, Dwiki

Sambutan berikutnya oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, yang mengatakan dari segi pendidikan bakti sosial ini sangat penting, karena dalam kedokteran ada 7 ranah penting. Ranah penting tersebut adalah:

  • Ilmu komunikasi
  • Ilmu-ilmu dasar kedokteran
  • Ilmu penggunaan dan klinik kedokteran di dalam tugas sebagai  dokter
  • Mampu bekerja sebagai dokter keluarga, di masyarakat bahkan sebagai pemimpin di masyarakat
  • Tidak boleh gaptek (harus update tentang teknologi)
  • Belajar sepanjang hayat
  • Etika dan moral.
  • Baksos berperan dalam meningkatkan ilmu komunikasi dan bekerja di masyarakat.

Pihak dekan merencanakan suatu program untuk keluarga yang kurang mampu, diberikan mahasiswa untuk membina keluarga tersebut. Mahasiswa ini membina bagaimana tentang hidup bersih dan sehat serta informasi kemana jika ada masalah kesehatan. Diharapkan mahasiswa kedokteran dapat membantu masyarkat serta bekerja sama dengan aparat puskesmas untuk mengajarkan bagaimana komunikasi dengan masyarakat serta pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat.

Sambutan Dekan FK UNUD dalam acara Bakti Sosial BKFK 52

Sambutan Dekan FK UNUD dalam acara Bakti Sosial BKFK 52

Tak lupa atas nama Dekan Fakultas Kedokteran (FK) mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang membantu dalam penyelenggaraan bakti sosial ini, dan himbauan kepada mahasiswa untuk menggunakan kesempatan ini untuk belajar berkomunikasi dan etika bekerja dalam masyarakat. Pak Dekan bersyukur acara ini dapat berlangsung dengan baik dan mahasiswa yang aktif berorganisasi dapat menjadi pemimpin yang membawa Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya menjadi lebih baik lagi.

Sambutan berikutnya sekaligus membuka acara oleh bupati Klungkung. Bupati Klungkung, mengajak panitia, masyarakat serta undangan lainnya untuk mengucap syukur dapat mengikuti kegiatan pengmas yang diadakan oleh Universitas Udayana. Kegiatan ini merupakan implementasi tridharma perguruan tinggi yang melatih etika, moral dan kepedulian mahasiswa dalam situasi dan kondisi masyarakat yang dapat dijadikan pengalaman dan referensi untuk mengenal masyarakat lebih dekat dan nyata karena setelah lulus mahasiswa akan langsung berhadapan dengan masyarakat luas. Pak bupati mengharapkan mahasiswa pada hari ini dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan di bangku kuliah serta dapat menciptakan dan mengembangkan iklim kondisi yang kondusif bagi generasi muda dalam melestarikan budaya, melindungi generasi muda dari penyalahgunaan narkotika, alkohol, zat aditif lainnya serta bahaya HIV/AIDS. Kepada masyarakat dihimbau memanfaatkan momen ini untuk berkomunikasi dengan mahasiswa untuk membangun hubungan dalam berbagi pembelajaran dan pengalaman bersama untuk perubahan yang lebih baik pada kedua pihak.

Sambutan dari Bupati Klungkung dalam pembukaan bakti sosial BKFK 52

Sambutan dari Bupati Klungkung dalam pembukaan bakti sosial BKFK 52

Pemukulan Gong oleh Bupati Klungkung sebagai tanda dibukanya Bakti Sosial BKFK 52

Pemukulan Gong oleh Bupati Klungkung sebagai tanda dibukanya Bakti Sosial BKFK 52

Kegiatan baksos ini terdiri dari 3 kegiatan yaitu pelayanan kesehatan, penghijauan dan kebersihan pantai. Ketiga acara ini dimulai setelah pembukaan oleh Bupati Klungkung yang didampingi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Untuk pelayanan kesehatan, dibantu oleh tim BIMC hospital, BROS hospital, RS Puri Raharja, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dosen PSPDG Universitas Udayana, 10 residen penyakit dalam Universitas Udayana. Kegiatan pelayanan kesehatan dibuka registrasi setelah acara dibuka oleh bupati Klungkung hingga pukul 12.15 WITA, dimana masyarakat melakukan registrasi terlebih dahulu kemudian pemeriksaan oleh dokter dan mendapatkan obat secara gratis kemudian masyarakat mendapatkan snack serta air mineral. Untuk penghijauan pihak panitia bekerja sama dengan dinas kehutanan provinsi Bali untuk bibit tanaman yang diberikan kepada masyarakat untuk ditanam di sekitar tempat mereka, diberi setelah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Acara kebersihan pantai melibatkan mahasiswa Universitas Udayana dan panitia BKFK 52 untuk membersihkan areal pantai sekitar Pura Goa Lawah selama kurang lebih 30 menit.

Aksi Bersih Pantai oleh Mahasiswa FK UNUD saat Bakti Sosial BKFK 52 di Pura Goa Lawah

Aksi Bersih Pantai oleh Mahasiswa FK UNUD saat Bakti Sosial BKFK 52 di Pura Goa Lawah

Pemeriksaan Kesehatan Gratis saat Bakti Sosial BKFK 52

Pemeriksaan Kesehatan Gratis saat Bakti Sosial BKFK 52

Foto Bersama Panitia BKFK 52 setelah bakti sosial

Foto Bersama Panitia BKFK 52 setelah bakti sosial

Berita oleh : Jan Christian (@JanChrs)

Tinggalkan komentar