Home » Artikel » Atasi Mata Panda dengan Tidur Cukup dan Berkualitas

Atasi Mata Panda dengan Tidur Cukup dan Berkualitas

Denpasar-Injeksionline.com Mata panda, bagi kebanyakan orang terjadi karena kurangnya tidur. Akan tetapi, kondisi ini seringkali diakibatkan faktor genetik yang turun-temurun dalam keluarga. Mata Panda pada sebagian orang karena alergi yang disebabkan oleh pelepasan hormon histamin dalam tubuh. Histamin menyebabkan peradangan dan pembengkakan di pembuluh darah. Mata Panda juga muncul akibat proses penuaan. Saat usia bertambah, kulit lama-kelamaan kehilangan sel-sel kolagen, sehingga kulit menipis. Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat mengikis kolagen pada kulit, sehingga kulit menghitam. Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk menghilangkan Mata Panda. Begadang dapat membuat area mata anda terlihat sembab dan menghitam. Biasakan untuk tidur selama delapan jam dalam semalam agar tubuh tetap bugar dan kulit tetap sehat.

Selain tidur yang cukup, ada beberapa cara lain yang dapat menghilangkan Mata Panda:

1.      Tidur dengan kepala terangkat

Ketika tidur, usahakan setidaknya gunakan dua bantal sehingga kepala terangkat. Jika posisi kepala terlalu rendah, genangan darah akan terkumpul di area mata saat Anda tidur. Hasilnya, Anda akan terbangun dengan kantung mata yang menghitam seperti panda. Untuk menyiasatinya, kompres mata dengan es atau air dingin agar aliran darah kembali lancar.

2.      Perbanyak mengonsumsi air putih

Kebanyakan orang lebih sering mengonsumsi air untuk diminum seperti teh, kopi, dan jus. Sebenarnya minuman tersebut baik juga untuk kesehata, akan tetapi air putih merupakan minuman terbaik. Air putih memang obat bagi segala penyakit dan gangguan pada tubuh. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dapat mencegah berbagai keluhan, seperti timbulnya lingkaran gelap dan kantung mata. Bagi Anda yang senang mengonsumsi alkohol, sebaiknya kurangi mulai dari sekarang.

3.      Cermat memilih makanan

Perbanyak asupan buah-buahan berjenis berry, gandum utuh, jeruk dan seafood. Pilih makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K dan asam folic yang dapat mencerahkan kulit.

4.      Kompres dengan mentimun atau kentang

Kompres mata dengan seiris mentimun untuk menghilangkan lingkaran gelap. Selain mentimun, Anda juga dapat menggunakan irisan kentang mentah. Diamkan sekurang-kurangnya 10 menit agar cairannya meresap. Rasa sejuk dalam mentimun dan kentang dapat melancarkan pembuluh darah, serta menghindari timbulnya lingkaran gelap dan kantung mata.

5.      Kompres mata dengan teh celup

Selain mentimun dan kentang, Anda juga dapat mengompres mata dengan teh celup. Sediakan dua kantung teh, rebus sebentar, lalu diamkan hingga dingin. Setelah teh mulai dingin, letakkan di masing-masing mata. Kafein dalam teh dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran gelap. Diamkan selama minimal 10 menit.

Dikutip : berbagai sumber

Article by: @RizkAuliani; Edited by: @dedekfriday @sitasaras

Tinggalkan komentar