Home » Akademik » Andakah Mahasiswa Baru, SNMPTN atau…?

Andakah Mahasiswa Baru, SNMPTN atau…?

DENPASAR, INJEKSIONLINE.com – Sebagai salah satu jalur terbesar dalam penerimaan mahasiswa baru,  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 kembali diadakan. SNMPTN jalur ujian tertulis dan keterampilan tahun ini akan menampung 110.149 peserta di 60 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

SNMPTN 2011 diadakan berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor PTN Indonesia di Jakarta pada tanggal 04 November 2010 yakni antara para Rektor PTN di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, dan merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui  (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dan (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Untuk jalur undangan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, panitia telah mendapatkan berbagai masukan dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat umum, tentang ketentuan dan persyaratan sekolah dan siswa pelamar SNMPTN 2011. Sementara untuk pelaksanaan jalur ujian tulis dan/atau keterampilan, ujian tertulis akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang akan dikoordinasi melalui 39 panitia lokal, menggunakan ruang ujian sebanyak 22.660 kelas dan melibatkan sedikitnya 45.320 pengawas ujian pada 31 Mei dan 1 Juni 2011 yang hasilnya akan diumumkan pada 30 Juni 2011 .

Dari 551.117 siswa yang membeli PIN, hanya 540.928 peserta yang menggunakan PIN tersebut untuk mendaftar. Peserta yang menggunakan PIN tersebut untuk mendaftar berasal dari tiga kelompok program studi. Seperti IPA sebanyak 179.340 peserta, IPS 196.469 dan IPC 165.119. IPC adalah peserta yang memilih kelompk IPA dan IPS.

Sebagai salah satu PTN di Indonesia, sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana (Unud) terdiri dari dua cara yaitu melalui SNMPTN dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) yang diadakan secara mandiri oleh Unud. Prestasi yang dipertimbangkan dalam seleksi PMDK adalah prestasi akademik dan ekstra-kurikuler termasuk prestasi bidang olahraga dan seni. PMDK Unud 2011 terdiri dari dua jalur, yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir (2009, 2010 dan 2011). Jalur Umum dibuka untuk semua program studi dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK yang mempunyai prestasi akademik atau ekstra kurikuler tertinggi di dalam atau luar sekolah. Jalur Khusus hanya dibuka untuk Program Studi Kedokteran Umum dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan persyaratan seleksi Jalur Khusus pada umumnya sama dengan seleksi Jalur Umum hanya ditambah dengan beberapa tambahan persyaratan khusus.

Sebagai salah satu peserta SNMPTN 2011, Yudha Hadi Kartikoputro mengatakan bahwa SNMPTN tahun ini lebih teratur dan tertata dari awal pendaftaran sampai  pada hari tesnya.

“Banyak kemudahan yang disediakan pihak panitia terutama untuk pendaftaran. Kami tidak perlu berdesak-desakkan untuk mengambil formulir dan sebagainya karena adanya via online yang tidak menghabiskan waktu dan lebih  jelas megenai  informasi  ruangan  dan waktunya, sehingga membuat kami tidak grogi menghadapi tes karena dikacaukan  informasi yang ‘simpang-siur’seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas alumni SMAN 4 Denpasar ini.

Dalam SNMPTN 2011 ini, Yudha memilih FK Univeritas Brawijaya (Unbraw) dan FK Universitas Udayana (Unud). Alasannya memilih FK Unud adalah ia telah mengetahui sebagian besar informasi tentang sistem perkuliahan, lingkungan,pergaulan,serta kegiatan-kegiatan yang ada di FK Unud dari kakaknya yang merupakan salah satu mahasiswi fakultas ini dan yang terpenting adalah karena prestasi yang telah dicapai oleh FK Unud selama ini cukup membanggakan.

Menurutnya pelaksanaan SNMPTN yang lebih dahulu daripada PMDK Unud lebih baik agar lulusan SMA se-Indonesia dapat mengetahui kemampuannya secara nasional dengan tes nasional ini. (@yudofandhie)

Tinggalkan komentar