Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » Aksi Solidaritas KOMPAK, Peringati Hari Kanker Sedunia

Aksi Solidaritas KOMPAK, Peringati Hari Kanker Sedunia

“Reduce Stigma Cancer and Dispel the Myths about Cancer”

Denpasar-injeksionline.com Sejak tanggal 4 Februari 2005 silam kita memperingati Hari Kanker se-Dunia. Tujuan dari memeperingati hari Kanker ini adalah meningkatkan kepedulian pada kanker serta mengurangi stigma buruk dan menghilangkan mitos yang berkembang di masyarakat mengenai penyakit kanker.

Badan Semi Otonom Kelompok Mahasiswa Peduli Kanker, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana menyelenggarakan berbagai acara dalam memperingati Hari Kanker se-Dunia. Acara ini mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Februari dan berakhir pada 9 Februari 2014. KOMPAK For Children yang dilaksanakan tanggal 1 Februari 2014 merupakan acara pertama dari berbagai rangkaian acara pada peringatan Hari Kanker se-Dunia. Acara ini dilaksanakan di Yayasan Kasih Kanker Anak Bali. Kemudian dilanjutkan dengan acara Berbagi Kasih yang dilaksanakan hari minggu, 2 Februari 2014 bertempat di Rumah Singgah Pasien Kanker. Selain itu terdapat pula acara-acara penyuluhan mengenai kanker di beberapa SMA di Bali serta aksi solidaritas yang diadakan pada tanggal 8 Februari  sampai 9 Februari 2014.

Aksi solidaritas yang diadakan pada tanggal 8 Februari 2014 mengambil tempat di lapangan Puputan Denpasar, Bali. Sebelumnya dilaksanakan acara pembukaan terlebih dahulu di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Acara pembukaan ini dihadiri oleh perwakilan dari Pembantu Dekan III, Ketua BSO KOMPAK, perwakilan dari mahasiswa Universitas Warmadewa, perwakilan dari Farmasi UNUD, Aktivis dari berbagai SMA di Bali, dan tentunya perwakilan dari anggota muda KOMPAK. Acara didahului dengan doa,laporan dari ketua panitia, serta sambutan dari ketua BSO KOMPAK dan sambutan dari Perwakilan PD III yang sangat mengapresiasi dari terlaksananya kegiatan ini. Kemudian diakhiri dengan pelepasan balon yang dilakukan oleh ketua panitia dan perwakilan PD III sebagai tanda acara aksi solidaritas yang merupakan rangkaian acara dari Hari Kanker se-Dunia resmi dibuka.

Pelaksanaan aksi solidaritas ini memiliki tujuan untuk mengenalkan secara langsung kepada masyarakat mengenai penyakit kanker serta meluruskan kembali mitos-mitos yang selama ini beredar di masyarakat. Selain itu aksi solidaritas ini bertujuan pula untuk meningkatkan dan mengungkapkan rasa peduli terhadap kanker itu sendiri. Aksi solidaritas ini menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti orasi yang berpusat di Catur Muka, pembagian pita peduli, brosur dan stiker.

Para mahasiswa anggota KOMPAK berorasi mengenai kanker dan memberikan pesan-pesan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Menghimbau masyarakat agar menghindari rokok untuk mencegah kanker paru-paru.  Pita peduli, brosur dan stiker dibagikan oleh anggota KOMPAK kepada para pengguna jalan dan masyarakat di sekitar lapangan Puputan. Pembagian pita peduli ini merupakan bentuk ungkapan rasa kepedulian terhadap penyakit kanker yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Aksi solidaritas ini juga dilengkapi dengan acara penyuluhan di Banjar Wangaya yang dilakukan oleh para anggota muda KOMPAK. Walaupun aksi solidaritas ini mengalami kendala, yaitu cuaca yang kurang mendukung, namun hal ini tidak menjadi hambatan yang besar dalam pelaksanaan kegiatan. Anggota KOMPAK tetap bersemangat dalam melaksanakan aksi solidaritas ini hingga selesai. (Umi)

Galeri foto:

HKD, KOMPAK

Sambutan ketua panitia HKD.

aksi solidaritas, KOMPAK, fk unud

Pelepasan balon menandai dibuka secara resmi acara aksi solidaritas.

KOMPAK

Pembagian pita kepada pengguna jalan oleh anggota KOMPAK.

Orasi di depan patung Catur Muka.

Orasi di depan patung Catur Muka.

Semangat para anggota KOMPAK saat orasi.

Semangat para anggota KOMPAK saat orasi.

Tinggalkan komentar