Home » FK Unud » Ajang Intelektualitas Diri, HMC FK Unud 2014

Ajang Intelektualitas Diri, HMC FK Unud 2014

Denpasar-Injeksionline.com- Hippocrates Medical Championship(HMC) merupakan kegiatan perlombaan tahunan yang rutin dilaksanakan dan dibawah naungan BEM FK Unud dengan mengusung tema “Scientia Gradus ad Consequi Prospere” yang memiliki arti ”knowledge is the first step to achieve success”. Perlombaan dalam HMC meliputi bidang IPA yang mencangkup fisika, kimia, biologi, dan IPA terpadu yang berhubungan dengan ilmu kedokteran. Kegiatan HMC ini terdiri atas enam regional yakni regional I (Jakarta dan Banten), regional II (Jawa Barat), regional III (Jogjakarta dan Jawa Tengah), regional IV (Jawa timur), regional V (Bali), regional VI (Nusa Tenggara Barat). “Kegiatan HMC ini bertujuan untuk memperkenalkan FK Unud kepada masyarakat secara lebih luas,” ungkap Obie selaku ketua panitia HMC 2014.

Peserta lomba HMC kali ini adalah siswa/siswi SMA se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat, dimana terdiri atas masing-masing tim yang beranggotakan tiga orang, dan tiap SMA boleh mengirim lebih dari 1 tim. Jumlah tim peserta lomba HMC 2014 sebanyak 240 tim. Pendaftaran peserta lomba dapat melalui online dan secara langsung. Mekanisme dalam perlombaan ini terdiri atas babak penyisihan yang dilakukan dengan tes tertulis, babak semifinal dengan sistem rally dan babak final dengan lomba cerdas cermat.
Rangkaian kegiatan HMC yakni Pembukaan HMC yang di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di ruang Teater Widya Sabha Usadha pada pukul 09.00 wita yang dihadiri oleh Gubernur Bali sekaligus membuka secara resmi kegiatan HMC FK Unud 2014, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Pembantu Rektor Tiga , Dekan FK unud beserta jajarannya, Ketua-ketua LMFK, Ketua HM, Ketua BSO, ketua panitia dan seluruh anggotanya, pemberian sambutan, dan penyerahan piala bergilir dari pemenang HMC tahun sebelumnya kepada ketua panitia yang disaksikan oleh seluruh hadirin.

Sambutan Gubernur Bali, Mangku Pastika sekaligus membuka HMC 2014

Sambutan Gubernur Bali, Mangku Pastika sekaligus membuka HMC 2014

Ajang Intelektualitas Diri, HMC FK Unud 2014

Ajang Intelektualitas Diri, HMC FK Unud 2014

Pemukulan Gong oleh Gubernur Bali sebagai tanda peresmian dibukanya HMC 2014
Acara kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan yang dilakukan dengan tes tertulis kepada seluruh peserta di enam regional. Masing-masing tim menyelesaikan soal yang dibagikan oleh panitia dalam tempo waktu yang telah ditentukan. Sembari menunggu pengumuman hasil babak penyisihan, peserta mendapat hiburan berupa penampilan band akustik morning lecture, pemutaran video panitia HMC 2014, dan pengenalan masing masing prodi yang ada di lingkungan FK Unud. Pada acara ini juga ada sosialisasi dari Ganesha Operation. Selain itu peserta juga dapat melihat-lihat ruangan yang ada di FK Unud.

Pembagian soal pada HMC 2014

Hasil dari babak penyisihan terdapat 2 tim yang memiliki nilai sama sehingga yang lolos ke babak semifinal HMC 2014 menjadi 31 tim. “Acara HMC kali ini cukup menarik, saya merasa senang dapat mengikuti ajang seperti ini” ungkap salah satu peserta HMC 2014. Obie mengungkapkan bahwa acara HMC kali ini juga memiliki berbagai kendala salah satunya di bidang penggalian dana, namun berkat usaha, kerja keras dan kekompakan dari masing-masing anggota panitia semua berjalan dengan lancar.

Penyerahan Piala Bergilir Gubernur dari pemenang Juara I HMC 2013 (sman 4 dps) kepada ketua panitia

Penyerahan Piala Bergilir Gubernur dari pemenang Juara I HMC 2013 (sman 4 dps) kepada ketua panitia

Pemenang lomba HMC FK Unud 2014 akan memperoleh hadiah sesuai dengan perolehan juaranya. Juara pertama akan memperoleh piala bergilir Gubernur Bali, piala tetap juara satu, uang tunai Rp 4.500.000,00 dan tambahan uang senilai Rp 10.000.000,00 dari Bapak Made Mangku Pastika serta piagam. Untuk juara kedua akan mendapatkan piala bergilir Walikota Denpasar, piala tetap juara dua, uang tunai senilai Rp 3.750.000,00 dan piagam. Peraih juara ketiga akan memperoleh piala tetap juara tiga, uang tunai senilai Rp 3.000.000,00 dan piagam. (Minggu, 9 februari 2014)
Oleh : Diah Andini & Adi P

Tinggalkan komentar