Home » FK Unud » Acara » Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker Against Cancer Story Competition KOMPAK FK Unud 2012 Dengan Harris Nizam, Sutradara ‘Surat Kecil Untuk Tuhan’

Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker Against Cancer Story Competition KOMPAK FK Unud 2012 Dengan Harris Nizam, Sutradara ‘Surat Kecil Untuk Tuhan’

Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (KOMPAK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) untuk kesekian kalinya, kembali mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit kanker. Selain mengedukasi, kegiatan ini juga diharapkan mampu menginspirasi banyak orang khususnya bagi para survivor kanker. Acara yang bertajuk Against Cancer Story Competition 2012 ini merupakan sebuah acara lomba penulisan true story dan kisah fiksi yang isinya mengisahkan tentang perjuangan hidup para pasien kanker yang diselenggarakan secara nasional. Selama tiga bulan acara ini berlangsung, terkumpul 135 karya, dimana 92 karya berasal dari luar FK Unud dan bahkan terdapat 1 karya yang berasal dari Hongkong, China.

10 orang finalis terpilih untuk datang menghadiri Acara Puncak Against Cancer Story Competition 2012 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Mei 2012 bertempat di FK Unud. Dalam acara puncak yang dibuka langsung oleh perwakilan dari Gubernur Bali ini, dihadirkan berbagai atraksi kesenian Bali, penampilan akustik, musikalisasi puisi sebagai acara penyambutan. Selain itu terdapat pembacaan kisah-kisah pilihan dari kesepuluh finalis yang dibacakan secara langsung dihadapan para survivor kanker yang turut serta hadir dalam kegiatan ini.

Para survivor kanker ini juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman pada saat sesi sharing yang dipandu langsung oleh Dewan Pembina KOMPAK FK Unud yakni Prof.Dr.dr.I.B Tjakra W Manuaba, MPH, SpB(K)Onk, FinaCS. Acara ini juga turut mengundang dokter-dokter ahli onkologi seperti dr. Putu Anda Tusta Adiputra, Sp.B(K)Onk dan dr. I. B. Surya Wisesa, Sp.B(K)Onk serta dr. Dian Ekawati yang mewakili Yayasan Bali Pink Ribbon.

Dalam kesempatan ini selaku salah satu Dewan Juri, Harris Nizam yang telah sukses menyutradarai film inspiratif tentang true story kanker berjudul ‘Surat Kecil unutk Tuhan’ juga berkesempatan untuk memberikan kesan pesannya kepada kesepuluh finalis dan peserta yang lain. Selain Harris Nizam, yang bertindak sebagai Juri dalam acara ini adalah Farah Hidayati, Drs. I Ketut Sudewa, M.Hum, serta I Made Sujaya, S.S.

“Menurut saya kegiatan ini bagus dan seru karena bisa mengembangkan kemampuan menulis peserta. Selamat bagi para pemenang, dan jangan pernah berhenti untuk menulis bagi semua peserta. Karena lewat tulisanlah kita dapat diingat dan dikenang,” pesan Harris Nizam saat menyampaikan sambutan saat itu.

Keempat nama juara dalam lomba ini diantaranya Ayu Risky sebagai pemenang Juara I dengan judul kisah Anemonee Story, Ni Putu Rastiti sebagai Juara II dengan judul Ambang Senja, Putu Dessy Savitri Dewi dengan Cerita Senja sebagai juara III, serta Fitari Anggraini yang mendapatkan predikat The Best True Story dengan judul kisah Pelangi Muncul Lebih Awal.

Kegiatan ini tak hanya berhenti pada penyerahan piala dan uang tunai yang diwakili oleh Harris Nizam, kesepuluh karya finalis dipastikan akan segera dibukukan. Mengangkat tema ‘I Survived because My Life is So Precious’ diharapkan buku yang diakan diterbitkan akan benar-benar dapat menginspirasi banyak orang yang membacanya untuk dapat terus berjuang dan bersemangat dalam menjalani hidup.

“Banyak sekali kisah inspiratif yang akan ada dalam buku ini, saya harap acara dan buku ini dapat dilaksanakan secara continue. Dimana hasil penjualan buku inspiratif ini akan kami pergunakan dalam acara Berbagi Kasih pada saat Hari Kanker se-Dunia di bulan Februari 2013 nanti. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini. Kami akan membuka diri kepada semua pihak yang ingin bekerjasama dalam acara serupa selanjutnya,” tutur Yudo Affandi selaku Ketua KOMPAK FK Unud. (yudo)

 

Harris Nizam (ketiga dari kiri), selaku Salah Satu Dewan Juri

Yudo Affandi Ketua KOMPAK (ketiga dari kiri) dengan peraih Juara I, Ayu Risky (tengah)

Tinggalkan komentar