Home » FK Unud » Bali International Summer School 2012, Study and Fun!

Bali International Summer School 2012, Study and Fun!

Denpasar-injeksi online. Bulan Agustus lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan sebuah event berskala internasional, yang tidak hanya melibatkan mahasiswa kedokteran nasional, tapi juga mahasiswa kedokteran dari beberbagai negara di dunia, untuk saling berbagi informasi dan belajar bersama seputar kemajuan dunia kedokteran. Bali International Summer School (BISS) 2012, nama event tersebut,  merupakan salah satu program kerja unggulan perdana Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unud yang bertaraf internasional yang dinaungi oleh departemen Hubungan Luar (Hublu) BEM FK Unud.

BISS 2012 diketuai oleh Shelly Sylvia Bintang yang merupakan kepala Departemen Hublu BEM FK Unud. Berdasarkan keterangan Shelly, BISS 2012 merupakan program kerja baru pengurus BEM tahun ini, yang persiapannya sudah dilakukan sejak satu tahun yang lalu, tetapi baru mampu direalisasikan perdana tahun ini. “Dengan kesadaran bahwa ilmu kedokteran tidak hanya sebatas wilayah nasional saja, tetapi juga mencakup ranah internasional, kami dari departmen hublu mencoba mengemas sebuah event baru yang memang mampu memperkenalkan ilmu kedokteran nasional di ranah internasional”, tutur Shelly.

Peserta BISS 2012 ini tidak hanya datang dari beberapa Fakultas Kedokteran di universitas-universitas Indonesia, tetapi juga diikuti oleh beberapa mahasiswa asing. Mereka antara lain datang dari Jepang, Slovenia, dan negara lainnya. Selain bertujuan untuk membagi ilmu, secara tidak langsung pelaksanaan BISS ini juga menjadi salah satu ajang memperkenalkan FK Unud di ranah internasional. Pada BISS 2012 ini, peserta tidak hanya mendapat ilmu pre-klinik dari Lecturer yang berkompeten di bidangnya. Peserta juga memperoleh keterampilan klinis laboratorium dan juga kegawatdaruratan medis. Selain kegiatan belajar dan berdiskusi, peserta BISS juga diajak touring berkeliling Bali, memperkenalkan kebudayaan masyarakat Bali, dan juga mengadakan kunjungan ke Rumah Sakit.

“Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari peserta, baik mahasiswa internasional ataupun mahasiswa nasional. Bahkan, kami memperoleh banyak e-mail dari mahasiswa internasional yang menanyakan pelaksaan BISS tahun-tahun yang akan datang”, tutur Shelly. “Mungkin ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan BISS 2012 ini, tetapi semua dapat kami, seluruh jajaran panitia, atasi dengan baik. Harapan saya semoga semua yang telah dilakukan sebelum, selama, dan setelah kegiatan ini dapat bermanfaat untuk panitia, peserta, dan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Sukses untuk kita semua”, lanjut Shelly Bintang di akhir wawancara. (Wayan Dedek)

(kegiatan lecture : pemberian materi oleh dosen)

(Pelepasan tukik oleh peserta BISS di Pantai Kuta)

(Shelly S. Bintang, Ketua BISS 2012)

Tinggalkan komentar